I'am scooterist
Ada sedikit kisah tentang SEJARAH PIAGGIO VESPA dari penggemar scooter LAWANG-MALANG , bagi para scooterist wajib tahu sejarahnya biarpun sedikit . Informasi dan gambar di bawah ini di ambil dari berbagai sumber .Rinaldo Piaggio |
Piaggio P.23R airplane, 1936 |
Selama kampanye pemboman sekutu terhadap infrastruktur industri militer Italia, Piaggio costruzione Meccaniche Nazionali di Pontedera pabrik di Finale Ligure, Genoa dan Pontedera hancur total. Pada
periode rekonstruksi pasca-perang pertengahan
1940-an, Rinaldo Piaggio putra Enrico memutuskan bahwa perusahaan Piaggio akan
meninggalkan bidang penerbangan,
dan sebagai
gantinya, fokus pada transportasi
murah manufaktur yang sangat dibutuhkan untuk membantu membangun kembali perekonomian Italia yang hancur.
Ide untuk membuat sebuah produk untuk konsumsi massa dengan
biaya murah telah memacu semangat Enrico Piaggio untuk mempelajari dan
menemukan solusi agar tetap dapat melanjutkan produksi pada masa perang
berakhir. Di sebuah pabrik di kota Biella, terciptalah skuter motor yang
prototipenya dibuat oleh Ir. Renzo Spolti bersama stafnya. Skuter ini diberi
nama MP5 (Moto Piaggio 5), sedangkan para buruh menyebutnya “Donal Bebek”.
MP5 (Moto Piaggio 5) |
Namun ternyata Enrico Piaggio kurang menyukai prototipe itu. Karena itulah ia mempercayakan Corradino D’Ascanio untuk mempertimbangkan lagi dan membuat sesuatu yang berbeda dan lebih maju baik dari segi teknis maupun desain. D’Ascanio tidak melakukan perubahan pada skuter Donal Bebek itu, tetapi ia menciptakan kendaraan yang sama sekali baru, yaitu Vespa!
1945 MP 6 Prototype |
Pada bulan April 1946, sepeda motor ringan dan serbaguna ini diperkenalkan untuk pertama kalinya kepada publik di sebuah perkumpulan pemain golf di Roma. Di perisainya terpasang logo Piaggio baru untuk pertama kalinya, menggantikan lambang pesawat yang ada di sana sebelumnya.
Enrico Piaggio |
D'Ascanio's baru penciptaan diluncurkan pada tahun 1945, di bawah nama kode-MP6 "Vespa," yang berarti "Tawon" dalam bahasa Italia. The "Vespa" Nama itu diciptakan oleh Enrico Piaggio, yang berkomentar setelah pertama melihat prototipe MP6: ". Ini mengingatkan saya pada tawon" "Sembra una vespa," atau Vespa adalah jelas bukan sepeda motor dalam desain dan penampilan
50 buah berasal dari pabrik di Pontedera
sekaligus ditawarkan pada acara launching resminya. Pemasaran Vespa, pada
bulan-bulan pertama dilakukan melalui jaringan dealer mobil Lancia. Pada tahun
pertama telah memproduksi 2.484 buah. Inilah awal petualangan skuter yang
paling terkenal di dunia.
Pada seri kedua, Vespa 98 diproduksi sebanyak 16.500 buah. Terlihat perbaikan yang signifikan dibanding pendahulunya, baik dari segi estetika maupun teknis-fungsionalnya. Bagian depan tak lagi memiliki bukaan pintu dan ukurannya diperkecil agar penggantian roda lebih mudah. Ini karena pada masa seusai perang, kondisi jalan sangat buruk sehingga mudah terjadi kebocoran ban. Tuas starternya memiliki bentuk yang lebih ergonomis sehingga lebih mudah dioperasikan. Selain itu terdapat perubahan ukuran dan bentuk lampu-lampunya.
Model Vespa pertama
untuk roll off jalur
perakitan disebut "Vespa 98," yang diluncurkan pada
tahun 1946. Meskipun 98 Vespa adalah
fitur pada sampul La Moto dan
majalah Motorciclismo pada
tahun 1946 awal, reaksi awal dicampur, sehingga hanya lima
puluh diproduksi di
pabrik baru yang berlokasi di Pontedera, Tuscany
Kali ini, lagi-lagi Corradino D’Ascanio yang bertindak sebagai perancang. Ia membuat Vespa 409 berukuran kecil. Mobil ini bermesin belakang 2-tak yang dibuat dalam 2 versi.
Diluncurkan pada tahun 1957, Piaggio memproduksi 30.000 unit di perusahaan pemegang lisensi di Perancis (ACMA). Pada tahun 1959 mengambil bagian dalam reli Monte Carlo. Dengan mesin 2 tak, 394cc, dua tempat duduk dan aksesori “Spartan”, Vespa 400 merupakan pelopor mobil serba guna yang akhirnya menyerbu jalan-jalan Eropa pada tahun 60an.
Pada seri kedua, Vespa 98 diproduksi sebanyak 16.500 buah. Terlihat perbaikan yang signifikan dibanding pendahulunya, baik dari segi estetika maupun teknis-fungsionalnya. Bagian depan tak lagi memiliki bukaan pintu dan ukurannya diperkecil agar penggantian roda lebih mudah. Ini karena pada masa seusai perang, kondisi jalan sangat buruk sehingga mudah terjadi kebocoran ban. Tuas starternya memiliki bentuk yang lebih ergonomis sehingga lebih mudah dioperasikan. Selain itu terdapat perubahan ukuran dan bentuk lampu-lampunya.
1946 vespa 98 cc |
Piaggio Vespa 400 1957-1961 |
1957 Vespa 400
Saat Vespa mencapai puncak kejayaannya, Piaggio memutuskan untuk ikut memasuki sektor kendaraan empat roda. Tujuannya, juga ingin menghasilkan kendaraan yang murah dan bisa digunakan secara luas.Kali ini, lagi-lagi Corradino D’Ascanio yang bertindak sebagai perancang. Ia membuat Vespa 409 berukuran kecil. Mobil ini bermesin belakang 2-tak yang dibuat dalam 2 versi.
Diluncurkan pada tahun 1957, Piaggio memproduksi 30.000 unit di perusahaan pemegang lisensi di Perancis (ACMA). Pada tahun 1959 mengambil bagian dalam reli Monte Carlo. Dengan mesin 2 tak, 394cc, dua tempat duduk dan aksesori “Spartan”, Vespa 400 merupakan pelopor mobil serba guna yang akhirnya menyerbu jalan-jalan Eropa pada tahun 60an.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar